Kamis, 16 Mei 2013

IBU PINTAR, ANAK HEBAT...

Bismillahirahmanirohim...
Sapa bilang menjadi ibu itu mudah?
Sudah tau kah kalo seorang ibu mempunyai tugas yg sangat berat. Bayangkan seseorang anak dari dilahirkan di dunia hingga menjadi seseorang yg mandiri, seorang ibu akan terus mendampingi dan membimbingnya.
Saya adalah seorang ibu muda, yg saat ini mempunyai 1 orang anak brumur 2 tahun 9 bulan. Sudah hampir 3 tahun membesarkan seorang anak. Belum lama memang merasakan menjadi seorang ibu, tp di tahap umur hampir 3 tahun ini adalah periode emas tumbuh kembang seorang anak. Sehingga saya mendapatkan begitu banyak pengalaman dalam merawat, membesarkan anak saya sampai detik ini.
Banyak sekali tantangan untuk menjadi seorang ibu yg hebat. Dari awal kelahiran anak saya, saya udah bertekad memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, dilanjutkan hingga umur 2 tahun. Alhamdulilah memang terwujud, bs memberikan ASI hingga anak umur 2 tahun, walopun hanya sempat memberikan ASI eksklusif hingga umur 5 bualn lbh 1 minggu, memang kurang hanya 3 minggu lg supaya genap jd 6 bulan. Hal tersebut bukan kemauan saya, melainkan dorongan dr mertua saya yg melihat kasian kpd anak saya yg hanya d kasih ASI hingga umur 5 bulan. Maklum tdk semua orang paham bahwa seorang bayi dr 0-6 bulan hanya bs mencerna ASI dr ibunya, dikarnakan memang pencernaan bayi d umur tersebut blm sempurna, sehingga hanya mampu mencerna ASI. Allah udh merancang itu semua dgn sempurna, jd jgn takut seorang anak akan kekurangan asupan gizi jika hanya mengkonsumsi ASI hingga berusia 6 bulan.
Berikut ada kutipan yg saya ambil dr www.ayahbunda.co.id, tentang betapa hebatnya asi:
Semua tahu bahwa ASI punya sejuta manfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Karena ASI adalah nutrisi terbaik dan paling lengkap. Kandungan nutrisinya yang unik menyebabkan ASI memiliki keunggulan yang tidak akan dimiliki oleh jenis susu formula apapun. Ini beberapa di antaranya: Immunoglobulin A (IgA) yang banyak terdapat pada kolostrum yakni ASI berwana kekuningan yang keluar pertama dari payudara. Zat ini melindungi bayi dari serangan infeksi. IgA melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi hingga sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik.
Ganfliosida (GA) yang berperan dalam pembentukan memori dan fungsi otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. GA sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Ketika lahir, bayi memiliki 100 miliar sel otak yang belum terhubung dan GA diperlukan untuk menghubungkan sel-sel otak tersebut.
Protein yang disebut protein kasein dan whey. Protein yang terdapat dalam ASI ini bersifat lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi, dibandingkan dengan protein yang berasal dari susu mamalia lainnya.
Lemak ASI terdiri dari beberapa jenis namun yang paling esensial adalah asam lemak yang merupakan komponen dari semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf. ASI mengandung asam lemak tidak jenuh ganda berantai panjang (long-chain polyunsanturated fatty acid atau LC-PUFA) yang terdiri dari DHA (docosahexaneoic acid atau asam dokosaheksaenoat), LA ( linoleic acid atau asam linoleat), ALA (alfa linoleic atau asam alfa linoleat) dan AA (arachidonic acid atau asam arakidonat).
So, udah jelas kan betapa sempurna nya pemberian Sang Maha Pencipta kepada kaum perempuan. Anak manusia memang cocok nya dengan susu manusia yaitu ASI, bukan dengan susu hewani. Kalopun terpaksa harus memberikan susu hewani, dikarnakan ASI yg mengering atw pun kendala2 lain, cermati dgn baik sisi positif dan negatif nya. Dalam artian jika ibu memilih susu formula, baca lah dgn cermat dr mulai proses pembuatan susu formula itu tersebut sampai dengan proses penyajianny, sekarang sudah banyak artikel yg menjelaskan proses pembuatan susu formula.
Untuk lebih gampang nya saya kutip artikel tentang susu formula dan susu uht dari www.tentanganak.info/2013/03/susu-uht-vs-sufor.html?m=1 ,silahkan buka langsung link nya atau baca kutipan d bawah ini:
Dari jaman dulu sampe sekarang, susu sapi banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Baik yg langsung maupun tidak langsung. Yang dimaksud langsung adalah dikonsumsi langsung setelah diperah dari sumbernya, sedangkan yang dimaksud tidak langsung yaitu melalui proses pengawetan atau pengemasan terlebih dahulu
Secara umum, proses pengemasan susu terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung suhu dan pengulangan. Namun yang paling populer adalah susu UHT dan Susu Segar. Susu segar, dikenal juga dengan istilah susu pasteurisasi, umumnya dijual di bagian rak berpendingin di supermarket. Susu ini memiliki masa kadaluwarsa yang singkat dan harus disimpan di bawah suhu 4 derajat celcius untuk menjaga kesegarannya.
Susu UHT sedikit berbeda. UHT melewati proses tambahan yang memungkinkan untuk disimpan dalam suhu ruangan lebih lama, selama kemasannya tidak dibuka, UHT itu sendiri merupakan singkatan dari Ultra- High Temperature Processing, atau Ultra- Heat Treatment yang merupakan proses sterilisasi makanan dengan cara memanaskan dalam waktu yang singkat, biasanya sekitar 1 sampai 2 detik, dalam suhu lebih dari 135 derajat celcius. Suhu ini adalah suhu yang dibutuhkan untuk membunuh bakteri dalam susu.
Berbeda dengan UHT, proses pasteurisasi susu lebih lama dengan suhu yang lebih rendah, yaitu menggunakan suhu 72 derajat celcius selama 15 detik.
Susu Formula (SUFOR) Susu formula berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller drayer. Proses pengeringan susu bubuk sendiri menurunkan kandungan vitamin yang tidak tahan suhu tinggi, hal ini juga penyebab perlunya penambahan vitamin kedalam susu bubuk.
Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder). Fakta yang menyedihkan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara terbesar kedua di dunia yang mengonsumsi susu formula setelah China.
Bagus mana : UHT atau SUFOR ? Kandungan Gizi Secara alamiah, bahan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan segar itu lebih baik. Makanan segar masih mengandung unsur “kehidupan” atau yang kita sebut zat gizi yang memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan hidup. Zat gizi ini akan semakin berkurang seiring dengan banyaknya proses yang dialami oleh makanan. Zat gizi juga bisa hilang akibat proses pengolahan yang keliru. Hal ini juga berlaku untuk bahan makanan yang mengalami perubahan bentuk. Susu UHT mengalami proses pengolahan dan perubahan bentuk yang jauh lebih sedikit dibanding susu formula. Proses susu UHT dimulai dari susu yang diperah di peternakan di bawa ke pabrik untuk diproses UHT, dan langsung dimasukkan ke dalam kemasan. Dari yang asalnya cair, tetap dikonsumsi dalam keadaan cair.
Sedangkan susu formula berasal dari susu sapi yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer untuk kemudian dikemas dan dipasarkan. Selama proses pengolahan ini kerusakan protein, yang terjadi bisa mencapai 30%. Belum lagi kerusakan yang terjadi pada kandungan vitamin dan mineralnya. Belum lagi ketika saat mau mengkonsumsi. Susu formula harus mengalami perubahan bentuk dari padat ke cair. Anda bisa bayangkan sendiri berapa banyak zat gizi yang hilang selama proses pembuatan sampai dengan siap minum. (Maaf saya potong artikelnya, karna panjang sekali. Dan d potong tanpa merubah atapun mengurangi informasi yang dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya silahkan buka link nya, makasih)
Dari banyak nya pembahasan d atas, yakin lah ibu, bahwa sebagai seorang ibu berusahalah selalu cermat dan tepat dalam memilih segala sesuatunya yg akan d berikan kepada anak. Karna berhasilnya tumbuh kembang anak ada di tangan ibu yg hebat. Bukan sekedar materi, tp hebat dlm memberikan pilihan yg ada. Tumbuh kembang seorang anak tidak akan terulang lg untuk k 2x nya,jd jgn sampai ada penyesalan d belakang.
Semangat untuk semua ibu2 yg sedang menggalakkan program ASI. Apapun halangan nya, termasuk dr orang2 sekitar, bersabarlah bu, karna anak itu anak kita,bukan anak orang lain, jd kalo smpe terjadi hal2 yg tidak diinginkan, ibu lah yg akan merugi bukan orang lain, semoga dalam setiap pilihan ibu selalu ada kebaikan untuk anak.

Tidak ada komentar: